Cara Ampuh dan mudah Mengobati Tipes, Penyebab, Gejala, dan Pantangan - Info Sehat

Monday 14 August 2017

Cara Ampuh dan mudah Mengobati Tipes, Penyebab, Gejala, dan Pantangan

Tipes apabila tidak segera diatasi dapat beresiko dan mematikan, pengobatan paling ampuh tentu saja adalah pergi ke dokter secepatnya. Tapi langkah mengobati tipes di bawah ini mungkin dapat dipertimbangkan sebagai pengobatan atau pertolongan pertama bagi penderita tipes. Obat ini berasal dari bahan-bahan alami sehingga tidak membahayakan penderita tipes.

Apa Itu Tipes?

Tipes adalah suatu penyakit yang menyebabkan peradangan pada usus halus yang disebabkan infeksi bakteri salmonella typhosa atau salmonella paratyphi A, B dan C. Penyakit ini juga dapat berlangsung pada aliran darah pendertia,  alangkah lebih jelas bakteri berkembang biak dan masuk ke aliran darah yang selanjutnya juga dapat menyerang organ lain lebih-lebih usus halus. Usus halus yang terinfeksi ini akan meradang dan dapat memicu diare. Gejala-gejala sakit tipes, seperti:

    Tubuh menggigil dan disertai demam tinggi berasal dari 39 derajat hingga dengan 40 derajat celcius. Demam ini meningkat perlahan berasal dari sore hingga malam hari.
    Badan lemas dan lemah.
    Denyut jantung lemah.
    Sakit kepala yang hebat lebih-lebih di belakang kepala sementara dini hari.
    Nafsu makan hilang.
    Mual dan muntah.
    Sakit perut.
    Nyeri otot.
    Pada penderita tipes  kasus-kasus tertentu terdapat flek merah muda yang menyebar di tubuhnya

Tipes ini terkecuali dibiarkan dapat berakibat buruk seperti pemotongan usus, apalagi kematian.
Cara Mengobati Tipes Dengan Bahan-Bahan Alami

Berikut beberapa langkah mengobati tipes secara alami yang dapat Anda cobalah dengan bahan-bahan seperti:

    Temulawak: Ambil 2 ruas temulawak, kemudian iris tipis-tipis dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tinggal segelas. Minumlah sehari sekali secara teratur.
    Kunyit: Ambil 2 ruas kunyit, lantas iris tipis-tipis dan tambahkan dengan 11 daun sambiloto dan 20 gram daun pegagan. Rebus bahan-bahan selanjutnya hingga mendidih dan minumlah ramuan ini 3 kali sehari secara teratur.
    Daun sambiloto: Rebus 10 lembar daun sambiloto dengan jinten hitam dan 15 gram temulawak yang sudah dipotong-potong hingga mendidih. Setelah air rebusan dingin, maka siap diminum 2 kali sehari secara teratur.
    Sawo muda: Gunakan 3 buah sawo yang masih muda, bersihkan lantas diparut. Peras air sawo selanjutnya dan minumlah air hasil perasan selanjutnya secara teratur. Untuk langkah mengobati tipes pada anak sebaiknya cukup diminum sekali sehari.
    Pepaya: Ambil buah pepaya yang masih enteng atau setengah mudah, potong-potong dan parut hingga halus. Tambahkan air hangat tetap diperas, minumlah parutan pepaya selanjutnya 2 hari sekali.
    Cacing tanah: Memang bahan ini menjijikkan, namun terlalu efisien untuk mengobati penyakit tipes. Cari 10 ekor cacing tanah, lantas bersihkan isikan perutnya dan rebus dengan 500 cc air. Tunggu hingga air rebusan hangat dan baru diminum, jangan diminum sesudah dingin karena bau amis berasal dari cacing akan terasa.
    Mentimun: Ambil 2 buah mentimun, parut hingga halus dan peraslah. Minum air perasan mentimun selanjutnya 3 kali sehari.
    Daun keji beling: Rebus 15 lembar daun keji beling dengan 2,5 liter air hingga mendidih kira-kira sepanjang 20 menit. Minumlah air rebusan selanjutnya 2 kali sehari sesudah dingin.

Pantangan Bagi Penderita Tipes

Ada beberapa pantangan bagi penderita tipes yang sebaiknya kudu diperhatikan:

    Jangan konsumsi makanan pedas karena malah akan memicu tipes semakin parah. Makanan pedas yang kudu dihindari, misalnya: cabai, kecap, saus, bakso, dan makanan pedas lainnya.
    Jangan konsumsi makanan asam karena malah akan memicu tipes semakin parah. Makanan asam contohnya jeruk, salak, asam jawa, dll.
Comments


EmoticonEmoticon