Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan yang Benar Pada Anak dan Dewasa - Info Sehat

Saturday 19 August 2017

Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan yang Benar Pada Anak dan Dewasa

Mimisan disebabkan banyak perihal dan untuk itu Anda wajib mengerti cara menanggulangi mimisan sebagai pemberian awal, apalagi jika Anak Anda yang sedang mimisan. Untuk menanggulangi mimisan sendiri caranya terlalu simpel dan wajib dikerjakan langsung sementara itu termasuk sebelum jadi tambah parah.


Penyebab Hidung Mimisan


Sebelum kami membahas cara menanggulangi mimisan di hidung, ada banyak penyebab mengapa hidung sanggup tiba-tiba mimisan, sebagai berikut:

  • Cuaca panas: Ketika cuaca sedang panas maka hidung akan kering dan kelembaban hilang, perihal ini mengakibatkan terjadinya iritasi terhadap hidung dan akhirnya sanggup mimisan.
  • Trauma: Mimisan disebabkan karena trauma ringan, seperti bersin sehingga mengeluarkan ingus terlalu keras, benturan ringan, mengorek hidung, dan sebagainya. Atau bisa saja trauma hebat layaknya kecelakaan, jatuh, atau kena pukulan. Selain alasan tersebut sanggup termasuk karena trauma setelah pembedahan atau hidung yang kemasukan benda asing.
  • Alergi: Seseorang bisa alergi terhadap sesuatu yang mengakibatkan pembuluh kapiler terbuka dan dapat mengeluarkan darah dari hidung.
  • Hipertensi: Tekanan darah tinggi sanggup mengakibatkan mimisan apalagi bagi ibu yang sedang hamil. Untuk alasan ini sebaiknya langsung pergi ke dokter dan konsultasikan.
  • Gejala penyakit tertentu: Mimisan yang dialami bisa saja hanya salah satu gejala penyakit spesifik layaknya kanker darah atau leukemia. Umumnya, telah ada obat untuk mengendalikan mimisan bagi penderita penyakit tersebut, tapi jika mimisan tak kunjung berhenti apalagi hingga muntah darah sebaiknya langsung cek ke dokter.
  • Tumor: Mimisan sanggup disebabkan oleh tumor di rongga hidung yang termasuk disebut angiofibroma dan sanggup menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Tumor ini seringkali ditemukan di didalam rongga hidung berwujud benjolan seukuran biji buah nangka berwarna merah keputihan.

Itulah sebagian alasan penyebab mimisan yang sebetulnya masih banyak kembali faktor-faktor lainnya.

Cara Mengatasi Mimisan yang Keluar Dari Hidung

Berikut ini ada sebagian cara menanggulangi mimisan yang benar sehingga sanggup langsung dikerjakan pemberian pertama:

  • Kompres hidung bersama dengan handuk bersih yang telah dibasahi air es. Hal ini mempunyai tujuan untuk mengecilkan pembuluh darah dan termasuk membekukan darah sehingga tidak mengalir terlalu deras serta cepat berhenti.
  • Anda bisa gunakan cara gampang seperti Duduklah dengan posisi yang benar sehingga darah tidak cepat mengalir dan berhenti. Duduklah bersama posisi agak sedikit membungkuk atau kepala agak menunduk ke depan. Cara menanggulangi mimisan layaknya ini dikerjakan sehingga darah tidak mengalir ke belakang sesudah itu tertelan dan mengakibatkan mual lalu muntah darah. Ingat! Jangan membaringkan badan Anda atau jadi tidur karena darah sanggup mengalir lebih cepat dan darah pun sanggup tertelan karena posisi jantung sejajar bersama dengan hidung.
  • Pencet cuping hidung bersama dengan telunjuk dan ibu jari Anda lalu tahan sepanjang 3 hingga 5 menit, sepanjang itu bernapaslah sementara bersama dengan mulut. Setelah ditahan terlepas dan lihat apakah darah masih mengalir, jika iya ulangi cara yang serupa tapi tahanlah sepanjang 10 menit. Lakukan berulang-ulang hingga mimisan berhenti.
  • Gunakanlah 1 lembar daun sirih muda yang telah dibersihkan bersama dengan air. Remas dan gulung layaknya corong, setelah itu masukkan daun sirih ke lubang hidung dan posisi muka menengadah ke atas. Daun sirih Sangat berguna untuk mengecilkan pembuluh darah di hidung dan sangat cocot untuk anda yang lagi mimisan.

Itulah sebagian cara menanggulangi mimisan yang sanggup dicoba, jika mimisan tak kunjung berhenti setelah 10 menit apalagi disertai panas, maka segeralah ke dokter karena sanggup menjadi perihal tersebut gejala penyakit serius. Selama didalam perjalanan anda usahakan duduk menyandar dan tutup hidung bersama dengan kain bersih atau tisue sehingga darah tidak mengalir deras. 


Baca Juga : 

Cara Mudah dan Cepat Mengobati Cacar Air Pada Anak dan Orang Dewasa


Comments


EmoticonEmoticon